Fresh Graduate Cepat Dapat Kerja!, Persiapkan Ini


Pos kali ini saya khususkan buat para mahasiswa yang belum lulus atau calon fresh graduate di seluruh Indonesia supaya memiliki nilai jual sehingga cepat mendapatkan pekerjaan.

Mengapa saya membuat artikel ini?

Berkaca dari pengalaman teman dan keprihatinan saya ketika lulus kulia tidak memiliki nilai jual di mata pemilik lowongan kerja.

Betapa sulitnya saat itu untuk dapat kerja sehingga membuat teman saya hampir putus asa menjalaninya.

Namun berkat usaha dan dorongan dari banyak pihak dan mencari lowongan kerja dengan tawakal akhirnya beliau dapat keluar dari keadaan tersebut.

Sebenarnya apa keuntungan bagi mahasiswa yang mempersiapkan dirinya sebelum lulus?

Tentunya sangat banyak dan akan kita bahas tahap-pertahap pada artikel ini. Jika kalian menerapkan beberapa yang saya sebutkan di bawah ini, saya menjamin 99% begitu lulus kalian akan di terima kerja tanpa menunggu lama.

Panduan yang sudah saya rangkum ini juga merupakan panduan karir yang langsung bisa kalian praktekan saat ini juga tanpa ribet.

Namun sebelum itu tak bosan-bosannya saya menganjurkan anda melungkan sedikit waktu untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melanjutkan membaca artikel di blog ini. Sehingga apa yang anda baca dapat bermanfaat untuk diri anda dan mendapatkan berkah dari Tuhan, aamiin.

Oke, berikut persiapan bagi calon fresh graduate agar memiliki nilai jual sehingga cepat mendapatkan pekerjaan impian:

Persiapan #1 

Bagi Calon Fresh Graduate, Perbanyak Perbendaharaan Sertifikat Penghargaan dan Keahlian



Untuk menjdi seorang yang memiliki nilai jual membutuhkan kerja cerdas yang masuk akal bukan dengan cara curang.

Mengapa saya menyebut kata curang?

Anda pasti sudah tahu maksud saya disini, curang dalam arti meberi uang kepada pihak tertentu agar di terima kerja.

Cara ini memang mudah dan cepat tapi percayalah pekerjaan yang akan kamu hasilkan akan di bawah standar dan kamu akan menjadi pecundang suatu saat nanti.

Dan tentunya kamu menangung dosa seumur hidup karena kamu mengambil hak orang lain yang mungkin jauh lebih pantas dari kamu untuk menduduki posisi tersebut. Gaji mu akan haram seumur hidup!.

Sedangkan cara yang relefan salah satunya adalah dengan banyak sertifikat.

Sertifikat disini saya membagi menjadi dua bagian, yaitu sertifikat penghargaan dan sertifikat keahlian.

Ini penting, jika kalian lulus nanti dan mendaftar pekerjaan, sertifikat-sertifikat ini akan di butuhkan untuk pelengkap berkas selain Surat lamaran, CV, Ijazah, dan lain-lain.

Baca juga: Format Surat Lamaran Kerja Untuk Fresh Graduate Yang Benar Agar Mendapat Pekerjaan

Selain sebagai pelengkap berkas lamaran kerja, sertifikat akan memudahkan kalian dalam membuat CV, gak perlu mengarang yang pada akhirnya ketahuan.

Selain itu dengan banyaknya sertifikat yang anda miliki dapat menambah daya tarik untuk diri anda di mata perekrut terja.

Lalu, apakah banyak sertifikat bisa langsung di terima kerja 99% setelah lulus?

Jawabannya IYA!

Saya gambarkan sedikit. Misalkan saya adalah lulusan Pendidikan Biologi dan memiliki sertifikat di berbagai bidang sebagai berikut:
  • Ijazah S-1 
  • Sertifikat Komputer (Study 1.5 tahun, keterampilan high)
  • Sertifikat Marketing (Study 7 bulan, keterampilan medium)
  • Sertifikat Wirausaha (Dari kampus dan perusahaan saat mengikuti perlombaan)
  • Sertifikat keahlian menulis (dari penerbit dan menulis di blog)
  • Sertifikat bahasa asing 
Umpamakan bahwa sertifikat-sertifikat tersebut sudah saya miliki ketika belum lulus kulia.

Ketika lulus/wisuda dan berjalan 2 hari saya membuka webside lowongan pekerjaan dan disana saya dapatkan bahwa ada 5 sektor yang membuka lowongan kerja dengan jenis pekerjaan sebagai berikut:
  • Perusahaaan A membuka lowongan kerja sebagai: Software Development
  • BUMN B membuka lowongan kerja sebagai: Operator 
  • BUMN C membuka lowongan kerja sebagai: Marketing executive dan Pemasaran Produk
  • Instansi  D membuka lowongan kerja sebagai: Guru Tetap
  • Kementrian E membuka lowongan kerja sebagai: (Staf KBRI di Negara iiii)
  • Perbankan membuka lowongan kerja sebagai: Teller
Disini saya akan mencoba mendaftar ke-6 lowongan tersebut, maka saya bisa mencantumkan sertifikat yang saya miliki dengan format sebagai berikut:


Dengan menerapkan hal ini saya menjamin anda pasti akan masuk sesi wawancara. Dijamin!.

Ini sudah saya buktikan!

Hal tersebut karena kualitas individu yang ada pada diri anda sudah terlihat dan sangat berguna jika kalian nanti menjadi karyawan mereka, mereka akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang diri anda sehingga akan di panggil dalam tes wawancara.

Pertanyaan selanjutnya: apa waktunya sempat jika di lakukan untuk memperoleh berbagai sertifikat tersebut, padahal jam kulia saja sudah padat?

Jawabanya adalah BISA!

Coba jujur pada diri anda sendiri, pastinya banyak jam kosong di bandingkan kesibukan kulia bukan!, apalagi jika kalian seorang mahasiswa yang berlabel kupu-kupu (kulia pulang, kulia pulang). Salah atau tidak tulisan saya ini?. Pastinya tidak!

Memang si tidak semua mahasiswa seperti itu, namun yang saya tekankan adalah kebanyakan memang seperti kupu- kupu.

untuk itulah mulai sekarang ubah pola pikir kita, jangan seperti itu lagi.

Tahapan yang bisa kalian coba untuk memperbanyak perbendaharaan sertifikat yaitu:

Tahap #1

Ambil jam malam untuk mengikuti kursus komputer, lebih baik lagi jika ini anda lakukan di awal masuk kulia pada semester 1-3. Karena jika kursus memakan waktu 1.5 tahun maka pada semester 3 anda sudah memiliki sertifikat dan semester 5 sudah memiliki sertifikat jika anda memulainya dari kulia semester 3.

Tahap #2

Jika sertifikat komputer sudah didapat. Pada semester selanjutnya cari pekerjaan freelancer/paruh waktu di dunia marketing, ikuti pelatihan yang di berikan perusahaan dan tanyakan apakah perusahaan bisa memberikan sertifikat kepada anda.

Saya sarankan ikuti kegiatan ini selama maksimal 7 bulan saja karena waktu tersebut sudah cukup untuk kita dalam memiliki keahlian marketing.

Jika sertifikat marketing sudah di dapat keluar dengan cara yang baik-baik dari perusahaan bersangkutan dengan alasan bahwa anda mau fokus menyusun skripsi, jadi untuk sementara ini mau break dulu.

Tahap #3

Sertifikat wirausaha dan menulis bisa kalian dapatkan di waktu kapan pun dengan cara mengikuti lomba karya ilmia di bidang sains, wirausaha, sosial, produk teknologi, atau apalah yang jika kalian berhasil masuk final bisa mendapatkan sertifikat tersebut. 

Ini saya lakukan ketika saya kuliah. Dan hasilnya sangat mengagumkan ketika saya melamar kerja.

Selain itu jika kalian mengikuti berbagai perlombaan ada kemungkinan bisa menambah pemasukan dari hadiah yang di berikan. Waktu kulia saya bersama tim pernah mendapat uang sebesar lebih dari 10 juta karena berhasil menjadi juara 3 perlombaan produk inovasi yang di adakan oleh salah satu perusahaan minyak. Enak kan!.

Tahap #4

Untuk sertifikat bahasa asing, ini bisa kalian dapatkan dengan cara mengikuti kursus bahasa asing baik secara offline maupun online. Carilah jam di luar waktu kulia dan liburan kalian. 

Kalau untuk yang satu ini semakin banyak waktu yang di gunakan untuk mengikutinya maka semakin mahir diri anda.

Sebenarnya tahapan di atas bisa kalian acak sesuai keinginan dan waktu yang kalian miliki. Kalian bisa mengincar sertifikat bahasa asing dahulu lalu komputer dan seterusnya. 

Pokonya cari sertifikat sebanyak mungkin buat menambah daya jual kalian di mata perusahaan nantinya.

Oke sekarang anda sudah mengatahui tahap untuk mendapat sertifikat sekarang tugas anda untuk melakukan mulai saat ini juga.

Persiapan #2 

Bagi Calon Fresh Graduate, Pelajari Bahasa Asing



Sudah lebih dari setengah tahun MEA berjalan tantangan dalam dunia kerja mau tidak mau akan semakin meningkat. 

Terlebih ketika kita memperhatikan banyaknya tenaga asing yang datang ke Indonesia yang merebut lowongan yang ada. Kita tidak bisa menyalahkan pemerintah karena memang sudah perjanjiannya seperti itu.

Yang terpenting saat ini adalah kita harus meningkatkan kemampuan yang kita miliki sehingga tidak kalah dengan tenaga asing yang datang ke Indonesia.

Banyak pilihan bahasa asing yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan daya saing melawan pekerja dari luar negeri. 

Kalau menurut saya pelajarilah bahasa Negara-negara anggota Asean, China, inggris. Pilih salah satu yang yang menurut kalian paling mudah dan yang kalian sukai. jangan ikut-ikutan pilih sesuai hati nurani dan prospeknya.

Namun jika kalian telah mahir berbahasa Inggris poin ini bisa kalian lompati, karena dengan mahir berbahasa tersebut sudah cukup untuk melawan pesaing yang berasal dari luar.

Jika kalian belum bisa berbahasa asing, kalian bisa memilih salah satu Negara anggota asean yang masih minim peminatnya. 

Misalnya seperti ini: Jika kalian tertarik dengan bahasa kamboja, pelajarilah. Menurut saya di Indonesia masih jarang sekali yang mempelajari bahasa ini, mungkin karena Negara ini kurang popular di bandingkan dengan Negara-negara yang sudah lebih maju lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan Philipina.

Tapi bagaimana potensinya?, peminatnya saja sepi!.

Jangan salah, bahasa itu berbanding terbalik dengan bisnis. jika sebuah bisnis sepi peminat maka bisnis tersebut dapat di katakan kurang potensial. Namun bahasa tidak, semakin kecil peminat maka bahasa tersebut semakin potensial menyukseskan orang yang menguasainya.

Keuntungannya apa saja yang bisa didapat jika mahir berbahasa asing, berikut diantaranya:

a. Sebagai Penerjemah

Saya beri contoh; Anda memiliki kemampuan berbahasa Turki di atas rata-rata. Lalu ada acara yang mendatangkan baik bintang tamu, narasumber, atau presiden direktur yang berkebangsaan turki. 

Anda bisa mengajukan diri menjadi penerjemah antara tamu tersebut dengan audiens yang tidak mengerti bahasa turki tersebut.

Honornya lumayan loh. Selain honornya besar anda juga berkesmpatan di kenal oleh orang-orang penting sehingga secara tidak sengaja hubungan relasi anda bertambah. Plus masuk TV :).

b. Bekerja di KBRI

Anda bercita-cita meninti karir di luar negeri?

Yang lebih hebatnya lagi anda berkesempatan besar bekerja di KBRI Negara yang bahasanya anda kuasai, tidak percaya?. 

Saya memiliki teman yang jurusan kuliahnya pendidikan, namun sekarang ia bekerja di salah satu KBRI Negara ASEAN.  

Walaupun jabatanya tidak tinggi namun bila di bandingkan dengan UMR di Indonesia jauh sekali perbandingannya.

Namun maaf karena saya tidak menyebutkan profil orang yang bersangkutan karena, dia tidak mengijinkan.

c. Menjadi Duta atau Perwakilan Kantor

Sebenarnya yang satu ini saya kurang paham, sehingga saya menulisnya menjadi “duta perwakilan kantor” maklum saya belum perna di tugaskan sampai keluar negeri oleh atasan hehe.

Maksud saya seperti ini!. 

Anda bekerja di perusahaan multi nasional, lalu perusahaan tersebut mendapat proyek di negara yang bahasanya anda kuasai. 

Kemungkinan besar anda akan di jadikan duta perusahaan tempat anda bekerja. karena karywan lainnya kebetulan tidak memahami bahasa negara tersebut.

Ada satu lagi keuntungan jika kalian mahir berbahasa negara yang sepi peminatnya. Anda bisa membuka usaha di negara yang bersangkutan. 

d. Membuka cabang usaha di luar negeri

Jika anda bercita-cita menjadi pengusaha, anda bisa mencatat poin ini.

Dengan menguasai bahasa negara tersebut anda bisa membuka usaha di sana, Anda tinggal mengurus izin tanpa perlu repot-repot menyesuaikan diri terhadap percakapan sehari-hari negara tujuan usaha anda.

Masuk akal tidak?

Empat keuntungan di atas merupakan sebagian kecil manfaat yang bisa kamu peroleh jika mahir berbahasa asing, jika tidak percaya kalian bisa menanya ke orang-orang yang memiliki posisi strategis di sebuah perusahaan.

Tanyakan apakah mereka bisa berbahasa asing? 

Saya bisa memastikan jawabanya adalah iya!

Persiapan #3 

Bagi Calon Fresh Graduate, Magang 


Banyak yang tidak menyadari pentingnya magang bagi seorang mahasiswa yang belum lulus. 

Dengan magang akan didapat banyak pengalaman yang tidak di dapat di bangku kulia, selain itu dengan magang kita bisa menerapkan ilmu yang sudah kita dapat selama kulia ke kehidupan nyata.

Saya sangat sedih karena hanya sedikit sekali kampus yang memfasilitasi mahasiswanya untuk melakukan kegiatan magang, padahal magang sudah banyak di terapkan di berbagai Negara maju dan terbukti dapat mempersiapkan mahasiswanya siap kerja.

Saya mempunyai tips bagi kalian yang ingin magang namun kampus tidak memfasilitasinya, Lakukanlah survey ke beberpa perusahaan yang ada di kota kalian. 

Apakah perusahaan tersebut membuka lowongan bagi mahasiswa yang ingin magang atau tidak? jika ada, coba kalian daftar.

Jika belum menemukan juga coba cari di internet. 

Sebagai contoh saya menggunakan Kompas karir, situs ini memberikan lowongan magang bagi mahasiswa yang bisa kamu jadikan bahan acuan.


Jika cara di atas tidak berhasil cari lowongan kerja yang memperbolehkan kalian bekerja secara freelancer. Biasanya si pekerjaan ini membayar upah jika kalian berhasil mencapai target yang di tetapkan perusahaan.

Ingat inti kalian magang adalah untuk menambah pengalaman dan skill bukan mencari uang. Jika upah yang di berikan memang sesuai UMR maka jangan pikir dua kali langsung terima. 

Sebagai penyemangat kalian, diartikel ini juga saya memberikan contoh sosok pemimpin perusahaan global yang memulai karirnya dari magang hingga menjadi seorang Chief  Executive Officer (CEO).

Berikut 4 CEO perusahaan global yang memulai karir dari seorang karyawan magang hingga menjadi pemimpin sebuah perusahaan global yang saya kutip dari situs portalhr.com

CEO yang pertama adalah Dennis A. Muilenburg, beliau adalah seorang CEO Boeing yang menjabat sejak 1 juli 2015. 

sumber gambar: forbes.com

Awalnya Denis memulai karir di salah satu produsen perusahaan pesawat terbang terbesar di dunia tersebut sebagai seorang karyawan magang tepatnya pada tahun 1985.

Sebelum menjadi CEO beberapa jabatan sudah ia duduki diantaranya: COO pada tahun 2013 dan pemimpin devisi produk pertahanan (defense).

CEO yang kedua adalah Mary Barra yang menjabat sebagai pemimpin tertinggi perusahaan General Motor (GM) sejak Desember 2013. Ia memulai karir di perusahaan mobil asal AS tersebut dengan status seorang karyawan magang pada posisi factory floor.

sumber gambar: bidnessetc.com

CEO ketiga adalah Ursula Burn, sebagai CEO Xerox sejak tahun 2010. Xerox adalah salah satu perusahaan percetakan terbesar di dunia. Ursulan Burn memulai karir diperusahaan yang ia pimpin tersebut sebagai seorang karyawan magang sebagai Summer Intern.

sumber gambar: printweek.in

CEO yang terakhir adalah Roger Goodell yang menjabat sebagai CEO NFL sejak tahun 2006. Beliau memulai karir sebagai seorang karyawan magang juga yaitu pada bagian administratif. 

Sumber gambar: theledgesports.com

Beliau memiliki cerita perjalanan karir yang unik dibandingkan dengan ke tiga CEO lainnya, dimana beliau bercita-cita menjadi seorang pemain bola kaki (foot ball) namun selalu di tolak oleh semua tim yang ia datangi. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengganti haluan karirnya menjadi seorang karyawan magang di perusahaan NFL.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari para pemimpin tertinggi perusahaan global tersebut adalah jabatan CEO pun bisa diperoleh oleh seorang karyawan yang dulunya berstatus sebagai karyawan magang sekalipun yang keberadaannya terkadang diremehkan oleh karyawan tetap. 

Oleh sebab itu, bagi anda jangan segan-segan untuk magang karena banyak manfaat yang bisa kalian dapat dari magang.

Persiapan #4 

Bagi Calon Fresh Graduate, Mengikuti berbagai keahlian khusus


Keahlian khusus yang bisa kamu ikuti diantaranya: 
  • Komputer
  • Marketing
  • Menulis
  • Desain grafis
  • Bahasa Asing (sudah saya bahasa di atas)
Sebenarnya masih banyak lagi berbagai keahlian yang bisa kalian ikuti, namun saya sarankan ke lima keahlian di atas saja. 

Karena daftar di atas sudah dapat mencakup berbagai profesi strategis di dunia kerja sehingga kalian akan siap kerja jika telah lulus nanti.

Lihat gambar dari situs karir.com berikut ini. 



Dibagian kategori “Industri yang paling banyak di minati” yang menduduki peringat tiga besar adalah Perdagangan = marketing, Keuangan/Bank, dan Komputer.

Jika kalian punya 2 dari tiga sertifikat yang di butuhkan dari industri tersebut tentunya anda akan dapat diterima kerja.

Sementara pada situs Jobindo daftar lowongan kerja terpopularnya yaitu: Lowongan Pemasaran & Penjualan, Lowongan Teknologi Informatika, Lowongan Akuntansi & Perpajakan, Lowongan Teknik Lowongan HRD & Hubungan Industri)

Lihat daftar 1 hingga 3!, hampir sama bukan dengan situs yang pertama. Itulah mengapa daftar sertifikat  yang sudah saya sebutkan di atas sangat di perlukan bagi anda yang ingin sukses.

Sebenarnya persiapan di atas sudah mencukupi bagi fresh graduate agar bisa cepat dapat kerja jika lulus nanti, namun saya masi punya beberapa daftar lagi yang bisa kalian lakukan.

Berikut salah satunya:

Persiapan #5 

Bagi Calon Fresh Graduate, Mengikuti Kegiatan Sosial


Kegiatan sosisl itu tidak harus di lakukan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan sosial maupun psikologi saja. Semua jurusan bisa mengikuti kegiatan ini, mulai dari MIPA, Pendidikan, Kedokteran dan lain-lain.

Sudah banyak perusahaan yang mencantumkan persayaratan bagi calon karyawannya agar memiliki pengalaman di bidang sosial ini. 

Saya kurang tahu apa alasan para pengusaha melakukan hal demikian mungkin mereka menginginkan karyawan yang bisa membaca keadaan yang terjadi di sekitar masyarakat sehingga strategi marketing dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Ternyata tidak hanya perusahaan saja yang meminta syarat seperti ini, pada bulan Mei lalu kementrian sosial membuka lowongan mengenai Pendamping Keluarga Harapan yang salah satu syaratnya adalah memiliki pengalaman yang berhubungan dengan lingkungan sosial masyarakat.

Jika kalian telah memiliki pengalaman seperti ini maka ada peluang kalian bisa di terima di instansi dengan jurusan yang berbeda dengan keahlian anda. Enak kan?

Nah itulah persiapan yang bisa di lakukan oleh seorang calon fresh graduate sehingga memiliki nilai jual. Dengan memiliki nilai jual maka tidak akan butuh waktu yang lama untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kulia.

Silahkan share/bagikan (G+, Facebook, Twitter, Linkedin, Email, Instagram) ke teman-teman kalian agar tujuan dari pembuatan blog ini tercapai yaitu mengurangi fresh graduate yang kurang berkualitas.

Dan jika masih ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tinggalkan komentar namun jangan spam ya. Terimakasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
panduan
AUTHOR
14/9/16 11:56 delete

Fresh graduate yang memiliki bekal dengan persiapan diri sebelum terjun kedunia kerja akan memiliki kelebihan dan nilai jual lebih dibandingkan dengan lulusan baru lainnya.

Bagi anda fresh graduate jangan segan-segan menerapkan panduan yang sudah Panduan berkarir sampaikan ini

Jadilah seorang yang bermanfaat minimal untuk diri anda sendiri.

Salam sukses buat kita semua

Reply
avatar