Cara Membuat CV (Daftar Riwayat Hidup) yang Memikat HRD Sehingga Lolos Kerja

Bagaimana Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup?

Cara membuat daftar riwayat hidup yang memikat perekrut kerja sehingga lolos kerja semua orang pastinya mau.

cara membuat daftar riwayat hidup
sumber image: ainmath.com (edit)

Jika Anda memasukan CV (Daftar Riwayat Hidup) dalam berkas lamaran kerja dengan format yang biasa, kurang menarik, dan kreatif siap-siap jika mimpi anda bekerja di perusahaan atau istansi bersangkutan akan sirna.

Fakta!, dari 10 berkas lamaran kerja yang terkirim, barang kali hanya 2 berkas saja yang berhasil di baca oleh HRD!. Jika di jadikan angka ribuan, berarti dari 1000 berkas lamaran kerja yang masuk ke sebuah perusahaan yang berhasil di baca oleh HRD hanya 200 berkas saja.

Sangat miris bukan!.....ada lagi

Situs khusus seputar karier, Careerbuilder baru-baru ini mewawancara 2.298 manajer personalia atau bagian human resources department (HRD) yang menangani perekrutan karyawan tentang hal-hal yang membuat mereka malas memproses sebuah surat lamaran pekerjaan ke tahap selanjutnya.

Hasil studi itu mendapati, ada 12 alasan seorang perekrut karyawan enggan memproses lebih lanjut sebuah surat lamaran pekerjaan termasuk cv didalamnya.

Dengan data tersebut tidak heran jika BPS mendapatkan angka Tingkat Pengangguran terbatas (TPT) Agustus 2015 meningkat sebanyak 6,18% mrningkat dibandingkan TPT Februari 2015.

Data BPS mengenai TPT
Sumber gambar: BPS

Untungnya jika kesalahan dalam berkas lamaran kerja tersebut bermuara di resume atau CV, Anda bisa memperbaikinya dengan mempelajari panduan dibawah ini yang Saya pecah menjadi beberapa bab sehingga Anda bisa membuat Curriculum Vitae (Daftar riwayat hidup) yang memikat HRD sehingga bisa lolos kerja.

Nah untuk itulah panduan karir kali ini membahas khusus mengenai cara pembuatan CV sehingga daftar riwayat hidup yang Anda hasilkan tidak memiliki kesalahan seperti dibawah ini:

Kesalahan Penulisan Curriculum Vitae yang Umum Terjadi:
  • Tidak sesuai kualifikasi yang diminta perekrut 
  • Cara membuat CV dan isi yang kurang menarik
  • Mengabaikan kaidah
  • Banyak tipo/salah ketik
Ingat!, HRD adalah manusia. Ia punya zona kelelahan ketika harus memeriksa setiap berkas lamaran yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan. Permudah Ia dalam menyeleksi dengan cara: membuat daftar riwayat hidup seringkas dan semenarik mungkin.

Apa Ya, Sebenarnya Daftar Riwayat Hidup (CV) Itu?

CV atau Curriculum Vitae yang dalam bahasa Indonesia disebut Daftar Riwayat Hidup adalah deskripsi tertulis tentang pengalaman kerja Anda. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, CV adalah uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami (dijalankan) seseorang.

Oiya, banyak juga para lulusan baru (Fresh graduate) mengira Curriculum Vitae (CV) merupakan Commanditaire Vennootschap (CV) : “perusahaan atau badan usaha yang didirikan oleh dua orang”.

Keduanya jauh berbeda ya!

Mungkin karena singkatannya sama-sama menggunakan huruf C dan V. Namun akan segera mengerti dengan sendirinya jika dikaitkan dengan lowongan kerja.

Bagaimana Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Bisa Memikat HRD?

Membuat CV (Daftar Riwayat Hidup) yang benar dan menarik akan mempermudah Anda dalam mendapatkan posisi pekerjaan.

Intinya pembuatan daftar riwayat hidup harus di tulis secara jujur dan jangan mengarang. Jangan mentang-mentang Kita membutuhkan pekerjaan segera mungkin, lalu mengarang cerita....waduh, bisa repot dunia x_x. 
terlebih lagi jika kamu seorang fresh graduate yang baru lulus. 

Nih coba tengok dan baca.

Seperti yang diterbitkan oleh situs jobstreet.co.id yang berjudul “6 Cara HRD Mencari Kebohongan Pelamar Kerja” yang dikutip dari situs beritasatu, dan bersumber dari situs careerbuilder, menjabarkan bahwa 38 persen pekerja suka melebih-lebihkan tanggung jawab pekerjaan mereka, dan sekitar 18 persen karyawan akan BERBOHONG mengenai kemampuan atau kebiasaan mereka. (link ini pakai link yang menghantarkan ke pos ini bukan link situsnya)

Hal tersebut jangan anda contoh dalam membuat CV, jika hal tersebut anda lakukan maka bersiaplah pihak HRD akan mengecek kebenaran daftar riwayat hidup anda.

Nah sekarang Kita telah mengetahui dasar-dasar mengenai cara membuat CV (daftar Riwayat Hidup) yang benar. 

Karena saya tidak ingin membuat panduan membuat cv ini menjadi panjang maka saya membaginya ke bab berikutnya, supaya mudah di aca dan diikuti. 



Kata Kunci: daftar riwayat hidup sederhana, contoh daftar riwayat hidup, cara membuat daftar riwayat hidup untuk pemula, contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja, format daftar riwayat hidup

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
26/6/19 20:40 delete

contoh cv kreatif terbaru dan menarik HRD

Reply
avatar