Cara Megirim Surat Lamaran Kerja Via Email Secara Tepat

contoh surat lamaran kerja

Apakah kamu sudah mendapatkan lowongan kerja baik dari situs loker maupun dari informasi-informasi lain (koran, radio, televisi)?

Sudah membuat surat lamaran kerjanya!

Lalu saat ini bersiap untuk mengirim via email?

Jika iya, maka postingan ini kemungkinan bisa membantu kamu melaksanakan hal tersebut. Tentunya  dengan postingan ini semoga bisa mengantarkan kamu lolos tahap seleksi berkas dan bisa diterima kerja ya, aamiin.

Mengirim surat lamaran via elektronik berupa email sudah tidak menjadi hal yang asing bagi masyarakat saat ini.

Faktor yang mendorong fenomena ini diantaranya semakin banyak pengguna smartphone mulai dari kalangan profesional, fresh graduate, remaja, bahkan anak-anak sekolah tingkat dasar sekalipun sudah menggunakanya.

Tak jarang juga ada perusahaan atau lowongan kerja yang hanya menerima berkas via email, no pos. Sehingga mau tidak mau kita harus melakukannya.

Mengirim sebuah berkas atau file menggunakan email akan sangat memudahkan pelakunya dibandingkan jika harus mengirim via fisik. Namun untuk menggunakan fasilitas ini kamu harus sudah memiliki sebuah akun email terlebih dahulu sebelumnya.

Layaknya mengirim sebuah berkas lamaran kerja secara offline yang membutuhkan persyaratan dan mekanisme yang tidak semarangan, seperti: harus dimasukan ke amplop, jangan samapi terlipat, dan sebagainya .

Mengirim berkas via email pun seperti itu, kita usahakan jangan sampai hal-hal spele terkesan bahwa kita adalah orang yang tidak kompeten dan ceroboh.

Kan sayang jika sudah membuat surat lamaran kerja sesuai format dan sangat bagus isinya, namun tidak menarik perhatian karena kesalahan kecil dari kita sendiri.

Lalu bagaimana agar berkas yang kita kirim via email menarik bagi perekrut sehingga meloloskan ketahap selanjutnya?, Berikut;

CARA MENGIRIM BERKAS LAMARAN KERJA DENGAN EMAIL 


cara-cara yang akan saya sebutkan di bawah ini sebenarnya merupakan cara yang sudah saya coba ketika mengikuti perekrutan calon pekerja di beberapa istansi, dari 7 lowongan kerja yang saya daftar 5 diantaranya mengantarkan saya masuk tahap II, berkat cara yang ada di bawah ini.

Mungkin akan ada orang yang tidak sependapat dengan cara dibawah ini, namun itu hak anda dan anda pula yang berhak membuktikannya sendiri, bukan saya atau orang lain.

tanpa berlama-lama berikut caranya;

1. Buat akun email baru

Jika kamu sudah punya akun email baik menggunakan gmail, ymail, hotmail, mail lain. Saya sarankan buat saja akun email baru.

Mengapa harus membuat email baru?

Mungkin tidak semuanya, tapi bisa saya tebak jika email lama kamu ini pastinya sudah kamu gunakan untuk mendaftar facebook, twitter, instagram dan sebagainya.

Usahakan pisahkan email profesional kamu dengan email hiburan yang kamu gunakan untuk mendaftar akun jejaring sosial.

Email yang dicampur akan membuat notifikasi membludak tak kecuali email spam yang secara tidak langsung akan mengalihkan email yang masuk dari pekerjaan yang kita lamar.

Email yang didaftarkan pada layanan terentu juga rentan akan serangan malware dan iklan yang akan mencuri perhatian kamu. yang lebih para lagi bisa mencuri data yang kamu upload di akun email tersebut.

Emang terkesan berlebihan, tapi faktanya adalah seperti itu, tanpa sadar data kamu telah masuk ke pihak ketiga yang akan di jadikan target pasar atas produk yang di jual oleh perusahaan yang telah membeli data curian tersebut.

Untuk itulah saya selalu membuat email antara hiburan dan profesi yang berbeda, tidak saya campur. Ini fakta bahwa email pekerjaan saya lebih bersih dari iklan dan notifikasi promosi gak jelas yang bersumber dari layanan yang sudah saya mendaftar.

buat alamat email kamu dengan nama, sebagai contoh;

Nama saya Muhammad Satria, maka alamat email saya harus: MSatria1992@gmail.com.

Mengapa harus begitu?

Ini agar terlihat profesional, bahkan saya pernah membaca sebuah artikel jika alamat email yang anonim akan mengurangi nilai saat mengirim surat lamaran via email, selain itu alamat email yang anonim terkesan email Spam, jadi hati-hati dalam membuat alamat email.

2. Kirim File dalam Dua Format

File lamaran kerja yang kita kirim saat melamar kerja pastinya berupa;
  1. Surat lamaran kerja
  2. CV (Curriculum Vitae)
  3. Foto
  4. KTP
  5. Sertifikat
  6. Berkas pendukung lainnya

Bisa kurang dan bisa lebih banyak lagi tergantung persyaratan pembuat lowongan

Mengirim file yang disertakan pada email itu ternyata punya teknik khusus walaupun tidak secara umum dilakukan. Saya sarankan kirimlah file lamaran dalam dua format.

Mengapa ?

ini untuk memberikan pilihan bagi perekrut kerja agar mereka lebih mudah dalam menyeleksi kita.

Saya biasanya mengirim berkas lamaran dalam bentuk file zip (folder) dan file yang tidak terbungkus folder alias saya upload satu persatu ke email (pdf dan jpg).

Ini saya lakukan untuk menarik perhatian perekrut kerja, dimana file yang tidak berada dalam sebuah folder akan menampakan tampilan secara kasat baik berupa gambaran file tersebut yang bisa menarik perhatian, jika sudah menarik perhatian maka akan terjadi rasa ingin tahu lebih dalam terhadap profil kita.

Ini bisa menjadi indikator bahwa kamu bisa menjadi pemenang dalam tahap seleksi berkas.

Nah, pada bagian inilah peran file zip terlihat. File zip ini akan mengarahkan jika perekrut ingin mengenal kita lebih dekat maka bisa download semua berkas yang sudah di jadikan satu dalam file tersebut, sehingga tidak perlu repot-repot download satu persatu.

Jika saat masi perekrutan ini saja kita sudah bisa memberikan nilai plus dari pola pikir kita di atas, maka Insyaallah kamu akan masuk tahap wawancara. 

3. Gunakan Penomoran untuk Inisial File

Pernahkan kamu perhatikan jika pada beberapa komputer atau fitur akan menyusun sebuah file berdasarkan penomoran dan alphabet, mulai dari angka terkecil (0) sampai tertinggi (9) dan dari huruf terdepan (A) sampai yangpaling belakang (Z).

Atau jika kamu pernah memperhatikan absensi pastinya akan menyusun nama-nama murid dari inisial A sampai Z bukan.

Lalu apa hubungannya dengan file yang akan kita kirim?

Ini bermanfaat ketika kamu mengupload file yang berada di luar folder. file yang berada di luar folder akan mengurutkan file berdasarkan huruf atau angkah paling depan, ini akan membuat berantakan susunan file yang kita upload jika tidak berada dalam sebuah folder.

Coba kita lihat lagi susunan file yang membentuk sebuah berkas lamaran kerja seperti;
  • CV (C)
  • Foto (F)
  • KTP (K)
  • Sertifikat  (Se)
  • Surat lamaran (Su)

Yang seharusnya susunan tersebut seperti ini;
  1. Surat lamaran (Su)
  2. CV (C)
  3. Foto (F)
  4. KTP (K)
  5. Sertifikat  (Se)

Ini akan secara otomatis tersusun berdasarkan penomoran yang sudah kita buat pada file yang kita upload.

Walaupun huruf pertama surat lamaran kerja adalah S, namun jika kita memberi nomor 1 pada file surat, maka akan berada pada posisi pertama.

Dan memang itulah seharusnya terjadi, dimana surat lamaran kerja harus berada pada posisi pertama, bukan yang lainnya

More Article: poin penting dalam surat lamaran kerja

4. Tulis Deskripsi pada Badan Email

Banyak para pelamar kerja yang salah kapra ketika mengirim berkas lamaran kerja menggunakan email.

Mereka hanya mencantumkan salam, nama, dan no hp saja. Bahkan ada yang di biarkan kosong x_x  Seharusnya tidak demikian, usahakan tulis/ketik sebuah deskripsi juga. 

Tapikan surat lamarannya sudah di lampirkan di file, buat apa lagi susah-susah ketik.

Saya juga dulu menganggapnya begitu, dimana jika sudah mengirim berkas via file dan tidak menulis ulang surat untuk email bersangkutan. Ternyata hasilnya kurang memuaskan. 

Sebagai solusi, jika kamu tidak ingin repot maka copy saja surat pada file tersebut lalu sederhanakan, dan pada akhir kalimat tulis bahwa, sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan surat yang telah bertanda tangan dan berkas-berkas pendukung lainnya.

Jika ini kita lakukan  maka pihak yang menerima email lebih merasa dihargai, karena terjadi komunikasi secara tidak langsung dari kita.

Oke, demikianlah postingan kali ini tentang “Cara mengirim Berkas Lamaran Kerja Via Email” yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu kamu, aamiin. 

Jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman kamu supaya lebih banyak yang tahu, salam sukses buat kamu dan saya doakan semoga kamu yang masih mencari pekerjaan dapat lekas menemukannya, aamiin.

Salam.

tag: Surat Lamaran Kerja

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
26/6/19 20:41 delete

contoh cv kreatif terbaru dan menarik HRD

Reply
avatar
anugrah
AUTHOR
22/5/20 23:55 delete

Bagi yang mw bekerja bisa Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar , Semoga di terima ya kak di perusahaan favorit . aminn...

Reply
avatar