Kunci Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Saat Interview

Pertanyaan wawancara kerja ~ Ketika kita berhasil masuk tahap interview pastinya akan merasakan perasaan yang campur aduk tidak karuan.

Mulai dari senang, gugup, takut, cemas, dan sebagainya.

Ini wajar dan sangat manusiawi. Terutama bagi seorang fresh graduated yang mungkin baru pertama kali.

Pertanyaan interview itu, bisa dibilang sulit dijawab bagi orang yang tidak berpengalaman.

Ada pertanyaan yang menjebak, ada pertanyaan yang sengaja ditanya untuk membingungkan pelamar, dan ada juga yang hanya pertanyaan umum saja.

Tidak usah dipikirkan secara berlebihan, lebih baik kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi hal tersebut agar saat menghadapinya bisa berhasil.

Oleh sebab itu saya akan membagikan kunci menjawab pertanyaan wawancara kerja saat interview berdasarkan pengalaman saya dan dari berbagai sumber terpercaya.

Ini sangat bagus jika dipahami secara menyeluruh dengan harapan tidak ada lagi cerita bingung ketika menjawab sebuah pertanyaan wawancara kerja.

Baca juga: cara mengerjakan tes psikotes (wartegg)

Pertanyaan Wawancara Kerja

pertanyaan wawancara kerja
sumber gambar: bbc.com

Sebetulnya kunci menjawab pertanyaan interview itu adalah ketenangan. Jika tenang maka otak akan berfikir dengan normal.

Jika otak bekerja sebagaimana mestinya, maka jawaban yang kamu berikan akan memuaskan.

Intonasi suara akan terdengar jelas, pas dan tidak akan ada gerakan tubuh yang menandakan bahwa kamu sedang gugup/grogi.

Lalu bagaimana jika kamu sudah bisa menenangkan diri namun sulit dalam menjawab pertanyaan dari seorang perekrut kerja.

Apa yang harus dilakukan?

Mungkin kamu baru mendengar pertanyaan tersebut sehingga kamu belum siap karena kurang informasi atau tidak yakin dengan jawabannya.

Jangan khawatir, ini ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu pelajari karena pertanyaan ini sering keluar saat interview.

1. Ceritakan tentang diri Anda ?

Kunci mejawab: Jawablah dengan singkat, padat, dan jelas. Tambahkan juga sedikit kelebihan yang kamu miliki.

Contoh: Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Muhammad Junaidi, umur 23 tahun, lulusan  S-1 Ekonomi Universitas Prestasi Bangsa, saya menyukai dunia marketing dan menguasai 2 bahasa yaitu Arab dan Inggris.

2. Apa kelebihan Anda?

Kunci menjawab: jawab dengan skill yang berhubungan dengan lowongan yang kamu lamar.

Contoh: Saya memiliki kemampuan menggunakan software desain grafis, mampu membaca data, dan terampil dalam berbahasa asing.

3. Apa kelemahan/kekurangan Anda?

Kunci menjawab: Jawab dengan kelemahan yang bisa diselesaikan dengan proses belajar bukan kelemahan yang kontinyu.

Contoh: Saya merasa sedikit malu jika berbicara didepan orang banyak yang belum saya kenal. Namun saat ini saya telah mempelajari teknik berbicara didepan umum yang baik dan benar serta memperbanyak latihan.

4. Masalah apa yang pernah menimpa Anda dan bagaimana cara mengatasinya?

Kunci menjawab: jika kamu pernah mengalami masalah yang sulit sebutkan saja yang tingkat kesulitannya medium dan masih berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Jangan menyebutkan masalah yang yang terlalu pribadi.

Contoh: ketika menempuh pendidikan, saya hampir putus karena biaya. Namun saya tidak menyerah. Saya memikirkan bagaimana cara memperoleh uang agar pendidikan saya bisa terus berjalan.

5. Apa target Anda, lima tahun kedepan?

Kunci menjawab: jawab dengan target yang realistis, tidak berlebihan. Kalau bisa jangan yang terkesan bisa menyaingi perusahaan yang bersangkutan. Tambahkan juga dampak positif untuk lingkungan sosial.

Contoh: target saya untuk lima tahun kedepan adalah memiliki usaha dalam bidang pendidikan (bimbel) dan bisa membuka lapangan kerja.

6. Apa yang telah kamu lakukan saat ini untuk mewujudkan target tersebut?

Kunci menjawab: berikan saja jawaban dalam bentuk keterampilan (ilmu) yang diperlukan untuk target tersebut.

Contoh: Saat ini saya sedang mempelajari bagaimana mekanisme dan prosedur yang diperlukan untuk target saya tersebut, karena jika ilmunya telah dimiliki maka sebuah usaha akan mampu mengatasi tantangan yang muncul didepan.

7. Apakah kamu saat ini sedang meningkatkan skill? jika ada, bisakah anda sebutkan?

Kunci menjawab: Jangan menjawab “iya” atau “tidak”, namun lebih baik dimulai dengan kalimat awal yang mengarah pada keterampilan tersebut. Ini juga agar menghindari jawaban yang tidak diinginkan penanya.

Contoh: Saat ini saya sedang mempelajari skill seputar marketing dan pemrograman komputer disalah satu kursus.

8. Jabarkan motivasi Anda melamar pekerjaan ini?

Kunci menjawab: berikan jawaban yang tidak langsung mengarah pada uang. Hindari juga jawaban yang tidak menjual/ada manfaat untuk perusahaan seperti: mencari pengalaman.

Contoh: motivasi saya melamar posisi ini adalah untuk meningkatkan personal branding dan mencantumkan nama saya didaftar individu yang berkontribusi memajukan perusahaan.

9. Berapa gaji yang Anda minta?

Kunci menjawab: Sebelum menjawab, lebih baik kamu sudah riset berapa gaji posisi yang kamu lamar, ini untuk mencegah gaji yang tidak masuk akal baik dari kamu maupun pihak perusahaan

Contoh: langsung saja ucapkan nominalnya jangan bertele-tele, misal: 5.000.000

10. Prestasi apa yang pernah kamu capai?

Kunci menjawab: kamu bisa menyebutkan semua prestasi yang pernah kamu peroleh. Namun usahakan yang disebutkan diawal ada hubungannya dengan posisi yang dilamar

Contoh: Saya pernah menjuarai kompetisi marketing tingkat nasional yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan mintak Nasional.

Nah, itulah postingan saya seputar "pertanyaan wawancara kerja" yang bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan tes interview nantinya. Semogabermanfaat, salam sukses!.

Mungkin kamu tertarik: panduan membuat surat lamaran kerja paling lengkap
Kata kunci: pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate, contoh pertanyaan wawancara dengan narasumber, pertanyaan wawancara pedagang, jawaban yang tepat saat interview bagi pemula, jawaban interview motivasi kerja, pertanyaan interview bahasa inggris dan jawabannya, jawaban interview ceritakan tentang diri anda, cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan, pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate, contoh pertanyaan wawancara dengan narasumber, pertanyaan wawancara pedagang, jawaban yang tepat saat interview bagi pemula, jawaban interview motivasi kerja,pertanyaan interview bahasa inggris dan jawabannya,jawaban interview ceritakan tentang diri anda, cara menjawab interview kelebihan dan kekurangan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
19/11/18 11:33 delete

terimakasih infonya, kunjungi http://bit.ly/2PlDIdD

Reply
avatar
namikokagle
AUTHOR
5/3/22 20:04 delete

The History of the Iron-Plated Ring - The Titanium
The Ring titanium meaning was power supply titanium also used in various jewelry stores in Japan, especially in the Shops in Tokyo, and is a member of the micro touch titanium trim Kyou-kai, 출장마사지 the titanium dioxide skincare famous idol of the Samurai.

Reply
avatar