Cara Memunculkan Semangat Kerja dengan 5 Langkah Praktis

"Tips Meningkatkan Semangat Kerja"

Banyak cara memunculkan semangat kerja jika kita mencarinya baik menggunakan internet, buku, atau mengikuti seminar atau motivasi.

Tergantung kamu mau menggunakan cara yang mana dan sesuai dengan waktu yang kamu miliki.

Kalau saya suka mencarinya via online, karena lebih praktis. Pastinya kamu juga suka dengan yang satu ini bukan yang terbukti dengan menemukan artikel saya ini.

Mengapa Semangat kerja harus dimunculkan?

Dalam melakukan kegiatan yang rutin dilakukan terus-menerus seperti bekerja. Pastinya akan timbul rasa malas yang akan menghilangkan semangat untuk bekerja tersebut.

Semangat kerja yang hilang akan menyebabkan individunya kurang bahkan tidak produktif. Jika tidak produktif maka output yang dihasilkan akan tidak maksimal.

Ini sangat bahaya jika terjadi dalam waktu yang lama, karena bukan hanya kehidupan kerja saja yang akan kacau namun bisa merambat pada kehidupan pribadi dan keluarga.

Mengapa menurunnya semangat kerja bisa merambat ke kehidupan pribadi/keluarga?

Manusia yang kurang semangat akan menghasilkan kinerja yang buruk, untuk satu dua kali hasil mungkin masih bisa dimaklumkan namun akan lain ceritanya jika sering bahkan banyak dibandingkan kinerja yang powerfull.

Coba pikirkan seorang pimpinan tidak akan senang dengan karyawannya yang selalu menghasilkan kinerja yang buruk dalam bekerja. Jika terjadi terus menerus maka tidak mungkin akan terjadi PHK atau pemecatan.

Jika individu yang bersangkutan keluar dari pekerjaan secara mendadak kemungkinan bisa berdampak pada psikologi dan akan terbawa pada kehidupan pribad dan keluarga.

Nah jika kamu merasa semangat kerja mengalami penurunan saat ini, mungkin artikel ini bisa membantu kamu untuk memunculkan semangat kerja yang sempat hilang agar kinerja kembali meningkat.

Baca juga: bahaya sifat malas bagi hidup anda

Cara Memunculkan Semangat Kerja

tips meningkatkan semangat kerja
sumber gambar:  theclubformen.wordpress.com

Semangat kerja seiring berjalannya waktu akan meredup karena ada rasa bosan yang timbul dari dalam diri.

Untuk menghilangkan rasa bosan tersebut kita bisa melakukan refresh pikiran dengan cara cuti atau berlibur ke tempat refreshing.

Namun cara ini paling lama akan berkesan selama beberapa hari dan akan mengalami kebosanan seiring  berjalannya waktu dan pada akhirnya semangat kerja menurun kembali.

Jika kamu telah melakukan cara diatas namun semangat kerja masih low silahkan ikuti tips dibawah ini yang Insyaallah bisa membantu, berikut diantaranya;

1. Minta dari orang terdekat

Orang terdekat adalah orang yang selalu berada disisi kita dikala kita dalam keadaan senang maupun sedih. Orang terdekat akan menghibur dan memberikan semangat kepada kita walau tanpa kita minta sekalipun.

Peluang ini bisa kita manfaatkan tatkala kita mengalami rasa bosan yang bisa menghancurkan semangat dalam bekerja. Mintalah kepada mereka sebuah motivasi, karena motivasi yang berasal dari orang yang kita sayangi akan sangat besar dampaknya secara psikologi.

2. Mengingat perjuangan masa lalu

Mengingat sebuah perjuangan pada masa lalu ternyata bisa meningkatkan semangat kerja pada diri yang sempat mengendur.

Kamu bisa mencoba mengingat betapa sulitnya mencari kerja dan untuk diterima tidak mudah. Jika kamu mengingat hal ini maka kamu akan lebih banyak bersyukur ketimbang mengeluh.

Kita sebagai manusia terkadang melupakan suatu hal yang mungkin memerlukan perjuangan yang sangat besar untuk meraih posisi seperti saat ini, dan setelah mendapatkannya bukan bersyukur malah kebanyakan mengeluh.

Baca juga: cara beradaptasi di lingkungan kerja baru

3. Membaca artikel motivasi

Dunia sudah semakin praktis, hanya dengan sebuah smartphone kita bisa melakukan beberapa hal yang sebelumnya tidak bisa.

Kita bisa memanfaatkan smartphone untuk mencari artikel-artikel yang memberikan tips meningkatkan motivasi kerja yang tersebar di internet, dari pada hanya untuk sosial media alangkah bijaknya jika kita gunakan untuk hal yang produktif.

4. Hindari sumber perusak semangat

Banyak hal yang bisa merusak semangat kerja kita bisa dari dalam diri maupun lingkungan tempat kita kerja.

Contohnya teman yang bermuka dua yang selalu mencari perhatian bos padahal sebenarnya kerjanya gak benar. Untuk hal yang satu ini lebih baik kamu tidak usah menghiraukan dengan syarat yang bersangkutan tidak menggangu secara fisik dan karir kamu.

Namun jika memberikan dampak buruk bagi karir kamu, maka hal lain lagi ceritanya, Silahkan kamu renungkan apa saja hal yang bisa membuat semangat kerja menurun, jika sudah coba usahakan untuk menghindarinya.

5. Untuk siapa kamu bekerja?

Cara selanjutnya membangkitkan motivasi kerja adalah dengan mengingat untuk siapa kita bekerja? Untuk keluarga bukan? Untuk mereka yang Anda sayangi dan menyayangi Anda.

Jangan kecewakan mereka dengan semangat kerja yang rendah. Justru Anda harus menjadi contoh bahwa Anda begitu semangat dalam bekerja. Sejauh mana semangat Anda, sadar tidak sadar, akan membekas di pikiran bawah sadar keluarga Anda. Anak-anak akan meneladani Anda.

Bagi Anda yang belum berkeluarga, mungkin Anda ingin membahagiakan orang tua Anda. Berbakti kepada orang tua adalah satu ibadah, bahkan ibadah dengan pahala yang besar. Sebaliknya, durhaka adalah dosa yang besar. Pantaskah kita bekerja dengan semangat yang lembek padahal untuk berbakti kepada orang tua?

Sebagai penutup, motivasi akan membuat kita lebih produktif dan semangat dalam menjalankan pekerjaan jadi jaga baik-baik hal tersebut, lalu renungkan perjuangan sebelumnya yang sudah kamu lalui untuk menggapai posisi ini.

Ingat! diluaran sana mungkin banyak orang yang menginginkan posisi seperti kamu namun belum bisa diraih, so sukuri semua yang kamu miliki dengan begitu semangat kerja akan selalu membara.

Jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini sehingga lebih banyak yang tahu, silahkan baca artikel bermanfaat lainnya di blog ini. Terimakasih sudah berkunjung, salma

kata-kata semangat kerja
sumber gambar: google image

Mungkin kamu tertarik: cara menggapai cita-cita yang bukan hanya mimpi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Ridwan
AUTHOR
5/5/19 21:45 delete

KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

Reply
avatar