Panduan Membuat SKBN (Syarat, Cara, Biaya) yang Diperlukan

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) merupakan salah satu dari daftar berkas yang diperlukan untuk melamar kerja.

Jika tidak memiliki berkas ini pada beberapa lowongan kerja bisa dipastikan kamu tidak akan bisa lolos ketahap selanjutnya.

Walaupun kamu punya surat lamaran kerja dan curriculum vitae yang memikat, tanpa menyertakan SKBN akan percuma.

Bagaimana bisa begitu?

Kamu ingat tidak kalimat ini, "Narkoba adalah musu bangsa yang harus diperangi bersama".

Saat ini penyalagunaan narkoba sudah sangat mengkhawatirkan, oleh sebab itu setiap perusahaan akan mencegah adanya calon karyawan yang mungkin menggunakan barang setan ini.

Oleh karena itu SKBN sangat diperlukan untuk membuktikan kalau pelamar tidak atau bukan sebagai pengguna narkoba.

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan memberikan panduan mengenai syarat, cara, dan biaya yang diperlukan untuk membuat SKBN ini.

Panduan Membuat SKBN


cara membuat skbn terbaru
sumber gambar: blogbebasnarkoba

Sebenarnya untuk memiliki Surat Keterangan Bebas Narkoba itu mekanismenya sangat mudah, mungkin beberapa jam saja sudah selesai.

Nah, jika kamu saat ini perlu SKBN maka silahkan membaca postingan saya ini sampai selesai atau jika kamu kebetulan belum mengetahui cara membuat SKCK silahkan dibaca.

Untuk membuat SKBN, kamu bisa membuatnya dibeberapa Instansi pemerintahan seperti Puskesmas, BNN, atau RSUD.

Pilih tempat yang paling memungkinkan bagi kalian dengan menimbang lokasi terdekat dan untuk keperluan apa SKBN tersebut dibuat.

Sebetulnya tidak ada perbedaan antara SKBN yang dibuat di satu instansi dengan instansi lainnya. Karena kita mau mencari yang termudah kita buat saja di RSUD ya.

Syarat Membuat SKBN

Sebelum kita menuju tempat penerbitan surat keterangan ini, maka kamu harus menyiapkan terlebih dahulu menyiapkan syarat yang dibutuhkan.

Berikut persyaratannya;

  • Pas foto dengan warna background sesuai dengan tanggal lahir
  • KTP
  • Minum air kalau bisa (karena urin yang akan dicek). Ini juga supaya urine kamu nanti tidak terlalu pekat dan beraroma menyengat. Jadi lebih baik minim air mineral dulu.
  • Siapkan uang

Cara Membuat SKBN

Jika semua persyaratan sudah kamu persiapkan sekarang saatnya menuju tempat pembuatan. Silahkan kamu datang ke instansi baik BNN atau RSUD yang terdekat ditempat kamu tinggal.

Untuk mendapatkan surat ini, kamu akan melalui beberapa tahap pemeriksaan dimana setiap tahap akan diperiksa oleh petugas yang berbeda.

Tahap pertama, kamu akan dites kejiwaan oleh dokter jiwa atau psikiater, atau apalah namanya saya juga tidak terlalu paham. Setelah itu kamu akan menuju tahap selanjutnya.

Tahap kedua, pada tahap kedua ini kamu akan dites urin dilaboratorium, pada tahap inilah yang menentukan apakah kamu terindikasi menggunakan narkoba atau tidak.

Tahap ketiga, jika tahap pertama dan kedua sudah kamu lalui maka ya tinggal tunggu hasilnya ya :).

Biaya Membuat SKBN

Nah, setelah menunggu beberapa lama maka yang kamu tunggu-tunggu akan keluar. Jika kamu bebas narkoba akan ada keterangan disurat tersebut. namun jika kamu positif ya.....ah sudahlah hehe

Lalu berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk membuat SKBN ini?

Sebenarnya tiap daerah beda ada yang 100rb, ada yang 150rb, dan sampai 200rb. Yah pokoknya siapkan saja uang lebih agar nanti gak kurang :D.

Nah, itulah pos panduan karir kali ini seputar "Surat Keterangan Bebas Narkoba", semoga membantu kamu yang sedang membutuhkan, aamiin.

Mungkin kamu tertarik: cara membuat kartu kuning (Kartu Pencari Kerja)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »